Ads

Test Footer

Comment

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Test Footer

Senin, 25 Januari 2016


Nintendo NX Akan Kompatibel dengan Smartphone, PC, dan PS4

      Setelah Mendengar Kabar pertama berasal dari David Gibson, seorang analis senior dari perusahaan konsultan Macquarie Research Japan. Gibson berkomentar bahwa Nintendo NX kemungkinan bisa bekerja dengan smartphone, PC, bahkan console saingan mereka, PlayStation 4.

Di waktu yang sama, perusaahan tempat Gibson bekerja juga telah menaikkan rating performa finansial Nintendo, menyebabkan harga saham Nintendo naik sebesar 9,07 persen.

Pernyataan Gibson ini diambil dari sebuah kicauan di akun Twitter milik Takashi Mochizuki, seorang reporter The Wall Street Journal. Karena belum ada konfirmasi langsung dari Nintendo, maka kabar ini baru bisa dikategorikan sebagai rumor.Walaupun hanya sebuah rumor, terdapat dua hal yang dapat membuat kabar burung ini masuk akal, yaitu tentang port Final Fantasy XIV: A Realm Reborn dan My Nintendo.

Final Fantasy XIV: A Realm Reborn adalah sebuah MMORPG yang saat ini tersedia untuk PC, PS3, dan PS4. Square Enix kabarnya bersedia untuk melakukan porting game tersebut ke sebuah perangkat milik Nintendo. Saat ini pemain di PC dan console PlayStation dapat bermain dalam satu server. Mungkinkah hubungan Nintendo NX dengan PC dan PlayStation hanya sekadar bermain dalam sebuah game online cross-platform?
Bersamaan dengan diumumkannya Miitomo, game pertama Nintendo untuk mobile, mereka juga mengumumkan perilisan My Nintendo pada Maret nanti. My Nintendo direncanakan akan menjadi sebuah sistem informasi di smartphone serta perangkat gaming Nintendo yang mampu diakses menggunakan data log in dari Facebook, Google, Twitter, dan lain sebagainya. Dengan demikian, pemain dapat menyinkronkan informasi terkait game Nintendo yang ada di smartphone, 3DS, dan Wii U milik mereka.

Nintendo juga berencana untuk berekspansi agar My Nintendo dapat digunakan di dalam theme park, bioskop, dan pertokoan. Dengan rencana yang ambisius tersebut, saya pikir tidak mengherankan bila My Nintendo bakal meliputi akun dari platform lain seperti PlayStation. Entah bagaimana caranya, itu pun jika rumor ini benar.

Nintendo NX Mendukung Streaming Video 4K dan Resolusi 900 Piksel
Hal paling menarik adalah kemampuan Nintendo NX yang bisa mendukung streaming video 4K dengan frame rate 60 fps, dan memainkan game dengan resolusi 900 piksel. Ukuran resolusi tersebut sama dengan apa yang dihasilkan oleh Xbox One pada awal perilisannya, sebelum Microsoft meningkatkannya menjadi 1.080 piksel. Apakah ini pertanda bahwa Nintendo NX akan memiliki kekuatan yang setidaknya sama dengan Xbox One? Kita lihat saja.

Keterangan lainnya adalah bentuk mesin yang sesuai dengan apa yang telah dirumorkan sebelumnya, yaitu campuran antara console dan handheld. Penggunaan Nintendo Network mungkin menjadi satu-satunya kabar yang paling dapat dipercaya, terutama setelah Nintendo mengumumkan akan meluncurkan My Nintendo sebagai pengganti Club Nintendo.

Nintendo NX Akan Menjadi Sebuah Mesin Hibrida Antara Console dan Handheld
Berita cukup menarik muncul dari Wall Street Journal malam ini. Situs ini menyebutkan bahwa Nintendo sudah mulai menyebarkan development kit alias mesin prototipe Nintendo NX ke beberapa developer bulan ini.

Hal ini juga memberikan sedikit gambaran lebih terang mengenai Nintendo NX, meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Nintendo. Berikut adalah beberapa hal yang kemungkinan akan dimiliki Nintendo NX:

   Nintendo NX akan menjadi mesin hibrida antara console dan handheld. Anggap saja seperti Wii U, tapi jika tablet Wii U tidak bisa dimainkan jauh-jauh dari mesin utamanya, maka NX akan memiliki pasangan yang lebih portabel. Layaknya membuat 3DS menjadi controller untuk console.

  Dikabarkan bahwa NX akan memiliki kemampuan mesin yang bisa bersaing dengan kompetitor Nintendo lainnya. Hal ini cukup wajar mengingat Wii U sering kali dikritik karena kemampuannya yang tertinggal jauh dibanding kompetitor seperti Sony dan Microsoft.

  Ada kemungkinan kedua mesin yang menjadi hibrida antara handheld dan console ini akan berjalan dengan OS yang sama. Hal ini sempat dikabarkan beberapa bulan yang lalu.

   Nintendo NX akan diumumkan tahun 2016. Tebakan saya mesin ini akan dipamerkan pertama kali di E3 2016.

Perlu diingat, seluruh hal di atas belum ada yang dikonfirmasi secara resmi oleh Nintendo. Semuanya murni spekulasi dan bocoran-bocoran yang diperoleh dari media luar.




0 komentar:

Posting Komentar

Country Visitor

Popular Posts

All My Blog